Finding Freedom

Aku belum baca buku ini sih, walau sudah baca berbagai ulasannya. Rame juga ya. Membahas keluarga kerajaan memang ga ada habisnya.

Jadi menurut aku nih, apa yang dibilang Wills agar Harry tidak terburu-buru menikah, adalah betul. Kenyataannya mereka terbukti tidak siap dengan semua konsekuensi yang ada.

Kita tidak bisa memilih untuk lahir dari orang tua mana dan keluarga yang bagaimana. Jadi ketika kita lahir dari keluarga kerajaan, ada tugas dan tanggung jawab khusus yang menanti, itu lengkap dengan plus minusnya : hilangnya privacy, publikasi, kemewahan, tugas-tugas, dan lain-lain kemudahan, fasilitas yang ada.

Seperti pacar terdahulu Harry, yang pilih putus ketika melihat kunjungan Wills dan Kate ke Australia, dia merasa tidak akan sanggup menghadapi hingar bingar sambutan dan semua yang melingkupi mereka. Lebih baik begitu, tahu resiko dan tidak sanggup, jadi tidak mengganggu atau merusak semuanya.

Harry harus sadar banget dengan tugas dan tanggung jawabnya. Mungkin karena dia ditinggal ibu saat masih muda, tidak ada yang benar-benar membimbing, maka mengarah ke lepas kendali dan mau bebas begitu saja. Karena Wills sejak bayi mungkin sudah diarahkan sesuai dengan tugas masa depannya, jadi lebih banyak yang mengarahkan / memperhatikan.

Nah Meg sama aja, dia dari US yang notabene full "kemerdekaan", model-model mandiri, ga mau diatur, semua ala gue, kebebasan dan sejenis. Secara mereka berdua mungkin klop, tapi mereka lupa dengan "buntut" tugas dan tanggung jawab mereka tadi.

Ratu, sebagai "orang tua" dan pemimpin, sudah kenyang dengan segala macam "pemberontakan", sangat memahami dan bisa mengerti. Maka keputusan beliau adalah mendukung semua keputusan mereka dan memberi kesempatan kapan pun bagi mereka untuk kembali. 

Meraih kebebasan adalah hak mereka, tapi jangan cuma ingat hak doang, apalagi masih mau pakai gelar kerajaan, dan istilah financial independence ala mereka masih pakai uang bapak nya. Kalau aku financial independence ya cari kerja sendiri, makan dengan uang sendiri hahaha. Harus ingat bahwa mereka dalah part of royal family, bagian dari UK, masih pakai uang keluarga, jadi tidak bisa sesuka hati ala mereka. 


Note : ini comment dari pemerhati dan pengemban amanah yang sama dari keluarga. Mungkin berat dan tidak suka, tapi itu adalah tugas negara, jangan cuma mau hak nya aja, tapi kewajiban harus diutamakan. 


Komentar